Friday, June 28, 2013
5 Cara Halus Mengkritik Rekan Kerja
Do you like this story?
Mengkritik rekan kerja memang susah-susah gampang. Jika kita salah bicara yang dapat membuat rekan kerja kita tersebut merasa di vonis atau kita mengambil waktu yang kurang tepat ketika mengkritik bisa membuat suasana kerja menjadi tidak nyaman.
Berikut ini beberapa trik dan tips dalam mengkritik rekan kerja kita :
1. Pikir matang.
Sebelum menyampaikan keluhan atau kritik pada rekan kerja, pikirkan kembali apakah akan berpengaruh pada situasi kerja tim. Sebaiknya, pastikan rekan kerja lain punya pemikiran sama dengan Anda.
2. Pilih waktu tepat.
Bagaimana pun, kritik adalah hal yang sensitif. Karena itu, usahakan cari waktu yang tepat untuk menyampaikan kritik Anda. Lihat dulu suasana hatinya, apakah sedang mendung atau cerah. Suasana hati yang cerah akan memudahkan rekan kerja Anda dalam menerima kritik. Selain itu, hindari melontarkan kritik di depan umum.
3. Diplomatis.
Jangan pernah mengkritik dengan kesan memojokkan atau menyalahkan orang tersebut. Jika Anda berada di posisinya, tentu merasa tidak nyaman kan? Pastikan menyampaikan kritik dengan singkat dan mudah dipahami. Jangan bertele-tele apalagi berpanjang lebar, karena akan membuat emosinya kian bertumpuk.
4. Siapkan solusi.
Jangan asal memberi kritik, ada baiknya Anda juga memberikan saran sebagai solusi. Cara ini bisa meminimalisasi rasa kesal rekan kerja yang Anda kritik. Tidak mau kan, rekan kerja melabel Anda sebagai si tukang mengeluh?
5. Bicara dan dengarkan.
Setiap memberi kritik, beri waktu pada lawan bicara untuk menyampaikan pendapat dan tanggapan mereka. Ingat, kritik bukanlah sarana untuk membuat citra seseorang menjadi buruk.
Sumber: .kompas.com
Ads
Artikel Terkait:
Tips