Sunday, February 10, 2013

4 Hal Sebelum Memodifikasi MOGE

Dunia modifikasi memang sangat mengasyikan. Semua ide yang ada di kepala bisa dituangkan ke tunggangan kita agar terlihat lebih ciamik dan tampil beda dengan motor yang lainnya.


Menurut Ariawan Wijaya sang modifikator sekaligus pemilik bengkel Baru Motor Sport (BMS) yang berada di Jalan Palmerah Barat, No.24, Jakarta Barat, ada 4 hal yang harus diperhatikan sebelum memodifikasi moge.
Pria yang akrab disapa Ari ini memang sudah dikenal oleh para pecinta modifikasi moge di Jakarta bahkan namanya harum hingga ke beberapa kota di Indonesia. BMS ini sendiri juga memang sudah tersohor dengan modifikasi yang selalu menggunakan limbah moge.

Berikut Ini 4 hal yang harus diperhatikan ketika akan memodifikasi Moge:

1. Perhatikan sektor kaki-kaki
Karena motor berkapasitas mesin cc besar rentan dengan tenaganya yang besar jadi mesti pemasangan dan pemilihan bahan mesti berhati-hati.

Ari mencontohkannya pada motor Kawasaki Ninja 250 yang lebih cocok untuk shock depan (teleskopik or upsd) sekalas motor 600 cc, karena berat bebannya tidak berbeda jauh.

Selain itu karakter shock tiap unit motor berbeda. Jadi harus mencari informasi lebih dahulu sebelum dilakukan pemasangan. Begitu juga dengan sudut kemiringan segitiga  shock. Hal ini sangat penting untuk suduk putar dan kenyamanan berkendara.

2. Pelek
Dalam memodifikasi moge juga banyak dilakukan di sektor pergantian pelek. Jangan sembarangan dalam mengganti ukuran pelek. Perubahan sektor pelek akan signifikan dari hasil performa motor. Seandainya pabrikan standarnya ukuran 3.5 inch, lalu diganti menjadi 5,5 atau 6 inch, otomatis berat bebannya bertambah, dan mempengaruhi performanya.

3. Swing Arm
Swing arm juga menjadi sektor yang selalu dimodifikasi karena berfungsi sebagai tumpuan untuk kaki-kaki belakang, jadi. pemilihan arm sangat penting. Ukuran lebar as tengah tiap motor berbeda, swing arm sendiri adalah untuk menjaga stabil atau tidaknya motor. Jadi pemilihan dan teknik pemasangan yang salah, akan mempengaruhi motor itu sendiri.

4. Rangka
Untuk motor yang ingin diubah rangkanya, atau rangka custom, sangat dibutuhkan perhitungan yang cermat. Hal ini dilakukan agar tidak asal dalam pemasangan dan perubahan rangka tanpa memperhitungkannya terlebih dulu.

Ads

0 Responses to “4 Hal Sebelum Memodifikasi MOGE”

Post a Comment

Harap tidak mencantumkan live link. Jika dicantumkan maka komentar akan kami delete.

All Rights Reserved Dianacakes | Blogger Template by Bloggermint